Tak Kenal Lelah, AHSAN Berdayakan Petani dan Santri

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Derap langkah Amanah Harokah Santri Nasional (AHSAN) terus menggema dalam memberdayakan petani dan santri. Pemberdayaan kedua elemen ini sangat penting lantaran memegang posisi strategis di tengah-tengah masyarakat. Santri adalah sebagai pilar tegaknya kehidupan beragama.  Sedangkan petani merupakan pejuang pertanian sekaligus pilar ekonomi bangsa ini. Meningkatkan ekonomi santri dan petani menjadi misi utama AHSAN.

 

Keberpihakan AHSAN terhadap petani dan santri diwujudkan dengan pola kemitraan penanaman jagung. Petani tinggal menyiapkan lahan, sedangkan bibit jagung dan beberapa ‘bahan’ pendukung perawatan jagung disiapkan oleh AHSAN.

 

“Nanti yang beli jagungnya adalah kami (AHSAN) dengan harga menguntungkan, dan ditentukan di awal. Sehinga harga tesebut tidak terpengaruh meskipun saat panen harga jagung turun,” urai Ketua Umum AHSAN, H Slamet Sulistiyono saat menghadiri AHSAN Peduli Umat di kediaman KH Musta’in Billah, Arjasa, Kabupaten Jember Jawa Timur, Selasa (5/4/2022).

 

Presiden Direktur PT Benih Citra Asia (BCA) itu menegaskan bahwa keuntungan dari pembelian jagung, sebagian masuk ke kas AHSAN, koordinator desa, dan sebagainya. Dengan begitu, maka AHSAN juga punya dana.

 

“Kalau punya dana, organisasi ini nanti bisa membuat program apa saja,” jelas H Slamet yang juga Ketua Asosiasi Pembenihan Nasional itu.

 

Sementara itu, KH Musta’in Billah dalam mauidzah hasanah-nya mengimbau bahwa bisnis apapun agar tak lupa menyisihkan untuk kegiatan sosial. Katanya, tidak ada yang abadi di dunia ini. Semua hanya bersifat sementara. Maka sedekah dan takwa akan menjadi bekal yang cukup penting bagi manusia  saat di akhirat kelak.

 

“Berbekallah dengan takwa, karena takwa adalah sebaik-baik bekal,” pungkasnya.

 

Santunan AHSAN berasal dari zakat mal PT BCA yang  disalurkan dalam bentuk bingkisan, totalnya mencapai 2.046 paket. Hari ini adalah hari pertama pembagian bingkisan AHSAN. Total ada 12 titik yang akan dikunjungi AHSAN untuk pembagian bingkisan (Aryudi A Razaq).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan