Kepala Kanwil Kemenag Jatim Sebut Sosialisasi PMB UIN KHAS Jember Unik dan Strategis

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember terus berupaya membangun sinergi dengan berbagai pihak terkait sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) di lingkungan perguruan tinggi Islam yang terletak di Jalan Mataram Nomor 1, Karang Mluwo, Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur itu.

 

Kali ini pimpinan UIN KHAS Jember menggelar pertemuan dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten dan kota se-Jawa Timur (Jatim), Rabu (23/3/2022). Pertemuan yang dihelat di Sare Hotel, Yogyakarta tersebut menghadirkan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, H. Husnul Maram sebagai narasumber.

 

Dalam sambutannya, Rektor UIN KHAS Jember Prof H. Babun Suharto menjelaskan bahwa pertemuan digelar untuk menjalin sinergi dengan kalangan Kemenag se-Jawa Timur. Sinergi tersebut, bukan sekadar mencari mahasiwa baru, tapi juga sebagai upaya menjadikan kampus UIN KHAS Jember sebagai kampus bertaraf internasional.

 

“Ini ikhtiar UIN KHAS Jember menuju kampus unggul bertaraf Internasional,” ucapnya.

 

Untuk itu, lanjut Prof Babun, sapaan akrabnya, pihaknya akan terus melakukan pembenahan di sana-sini, lebih-lebih yang berkaitan dengan fasilitas belajar mahasiswa.

 

“Kita anggarkan nanti, tiap kelas ada smart TV-nya untuk media pembelajaran,” ungkapnya 

 

Mantan Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Jember itu juga mengungkapkan alasan dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat pertemuan dengan Kepala Kantor Kemenag se-Jawa Timur. Menurutnya, terdapat sejarah penting antara kota pelajar itu dengan UIN KHAS Jember. Yakni, berdirinya IAIN Jember muncul dari hasil pertemuan di kota yang di kenal sebagai Daerah Istimewa itu. 

 

“Sebagai apresiasi, UIN KHAS Jember mendirikan masjid yang diberi nama Sunan Kalijaga,” jelasnya disambut tepuk tangan hadirin.

 

Di tempat yang sama, H. Husnul Maram memberikan apresiasi terkait sosialisasi PMB ala UIN KHAS Jember. Menurutnya, sosialisasi tersebut  terbilang unik dan strategis. Katanya, jika sebelumnya sosialisasi PMB dilakukan dengan cara terjun langsung di tengah masyarakat, kali ini langsung menemui pentolan di lingkungan Kantor Kemenag se-Jawa Timur. 

 

“Saya kira, seluruh pimpinan Kantor Kemenag akan merekomendasikan UIN KHAS Jember di daerahnya masing-masing”, tuturnya sembari melempar senyum. 

 

Sedangkan narasumber yang lain, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Almakin menyambut positif sosialisasi PMB tersebut. Dengan demikian, katanya, UIN Sunan Kalijaga berkesempatan bertukar pengalaman dengan UIN KHAS Jember dalam hal strategi sosialisasi. 

 

“Konsep sosialisasi yang bagus”, tuturnya.

 

Kegiatan itu setidaknya dihadiri 12  Kepala Kantor Kemenag kabupaten dan kota di di Jawa Timur. Usai kegiatan sosialisasi, dilanjutkan dengan Rapat Kerja Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember, dan Pascasarjana UIN KHAS Jember (Aryudi A Razaq).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan