Milad Ke-5, KSEI UIN KHAS Jember  Dorong Terciptanya Ekonomi Syariah

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Jawa Timur terus mendorong lahirnya para pelaku ekonomi yang berwawasan syariah. Sebab, ekonomi berbasis syariah cocok diterapkan di Indonesia.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Penasehat KSEI UIN KHAS Jember, H Misbahus Salam saat memberikan sambutan dalam acara Milad (hari lahir) ke-5 KSEI di aula UIN KHAS Jember, Sabtu (19/3/2022).

 

Menurutnya, KSEI berkomitmen untuk mendorong terciptanya perekonomian berbasis syariah melalui pelatihan-pelatihan kewirausahan, bisnis plan, desain, olimpiade, diskui-diskusi, dan sebagainya.

 

“Penerapan ekomoni syariah, ekonomi Islm cukup pas karena rakyat Indonesia mayoritas beragama Islam,” ujarnya.

 

H Misbah menambahkan, ekonomi Islam memiliki sifat dasar sebagai ekonomi rabbani dan insani. Dikatakan demikian karena ekonomi Islam sarat dengan tujuan dan nilai-nilai Ilahiyah (ketuhanan), dan ditujukan untuk kemaslahatan manusia. Hal ini dapat dipahami melalui nilai-nilai dasar yang mengilhami ekonomi Islam, yaitu konsep tauhid, rububiyah, khalifah dan tazkiyah.

 

“Konsep tauhid menjelaskan tentang keesaan Tuhan dan segala aktivitas manusia, termasuk aktivitas ekonomi harus didasarkan pada keinginan Allah dan semua aktivitas tersebut merupakan bukti pengabdian manusia kepada Allah,” jelas H Misbah.

 

Sedangkan konsep rububiyah, lanjutnya, terkait dengan peraturan yang ditetapkan Allah, dan bertujuan untuk memelihara dan membimbing kehidupan manusia ke arah kesempurnaan dan kemakmuran. Karena itu Allah memberi pedoman dan aturan untuk mencari dan memelihara rezeki yang diberikan Allah.

 

“Kalau Tazkiyyah dapat diimplementasikan melalui zakat, infaq, sedekah, waqaf, dan gerakan filantropi lainnya untuk menyucikan harta yang dimiliki,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KSEI UIN KHAS Jember, Jufan Adnani Anwar berharap agar KSEI ke depan bisa berkiprah lebih banyak bagi masyrakat dan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi kemajuan ekonomi berbasis Islam.

 

“Usia KSEI ke-5 ini kami jadikan momentum untuk mengoptimalkan peran KSEI UIN KHAS Jember,” pungkasnya.

 

Acara milad KSEI tersebut selain dihadiri oleh pengurus, juga hadir Pembina KSEI,  Misbahul Munir (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan