BUMDes Langkah Awal Menuju Kemadirian Desa

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) cukup penting untuk menciptakan desa mandiri. Sebab, BUMDes dapat mengelola potensi desa agar berkembang lebih baik dan profesional. Sehingga pemasukannya untuk besa bisa lebih bayak. Demikian disampaikan Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto saat meresmikan BUMDes Panti, Kecmatan Panti, Kabupaten Jember, Sabtu (26/02/2022). Menurutnya, BUMDes adalah langkah awal menuju kemandirian desa.

 

“Ini merupakan awal perjalanan untuk terciptanya Desa Panti yang lebih mandiri ke depannya, tentunya Pemkab Jember akan mendukung dan desa-desa lainnya,” ujarnya.

 

Hendy mendorong desa-desa lain agar mendirikan BUMDes, dan terus berinovasi demi kemakmuran warganya. Terkait BUMDes Panti, ia meminta agar memprioritaskan potensi yang dimiliki desa dan masyarakatnya untuk dikelola dengan baik. Katanya, Panti mempunyai sumber daya alam yang cukup melimpah, misalnya perkebunan, kampung durian, dan sebagainya.

 

“Tadi kami lihat produk Bumdesnya ada suwar-suwir, produk turunan kopi, bunga anggrek dari karangtaruna yang kabarnya pelanggannya sudah dari berbagai kota, Desa Panti memang keren,” pujinya didampingi Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

 

Peresmian BUMDes Panti itu adalah bagian dari program Jember Hadir Untuk Rakyat (J-HUR). Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy juga menyerahkan santunan kematian BPJS Ketenagakerjaan bagi para keluarga perangkat desa, serta pemberian sembako kepada yatim piatu (Ade Nurwahyudi/ary).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan