Harlah ke-36, Pagar Nusa Jember Gelar Pengesahan Pelatih Baru

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Hari ini Pagar Nusa genap berusia 36 tahun. Bersamaan dengan awal tahun 2022 sekaligus memperingati hari lahir (Harlah), Pagar Nusa Jember menggelar pengesahan 220 pelatih baru. Mereka sudah menjalani pelatihan secara berjenjang, dan telah mendapat sertifikat pelatih dari Pengurus Wilayah (PW) Pagar Nusa Jawa Timur. 

 

Menurut Ketua Pagar Nusa Jember, H Fathorrozi, pihaknya akan terus meningkatkan jumlah pelatih dan anggota baru Pagar Nusa.  Semakin banyak, anggota Pagar Nusa, semakin  baik. Tidak hanya soal jumlah tapi juga peningkatan mutu akan menjadi perhatian alumnus Pondok Pesantren  Salafiyah Syafi’iyah Situbondo itu.

 

“Karena nya, mulai tahun 2022 ini pelatih harus mendapatkan sertifikat dari PW Pagar Nusa. Tidak boleh sembarang orang mengeluarkan sertifikat, termasuk saya selaku Ketua (Pagar Nusa Jember) juga tidak boleh mengeluarkan sertifikat. Itu sesuai aturan,” ucapnya saat memberikan sambutan dalam acara Milat ke-36 & Pengesahan Anggota Baru Pagar Nusa Cabang Jember di aula Kantor PCNU Jember Jawa Timur, Rabu (5/1/2022).

 

H Rozi, sapaan akrabnya, mengingatkan bahwa tugas Pagar Nusa adalah membela ulama dan menjaga lestarinya ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). Katanya, di hati pesilat Pagar Nusa telah tertanam doktrin yang cukup dalam bahwa membela kiai dan ulama hukumnya wajib, meski nyawa taruhannya.

 

“Kalau soal membela kiai, membela NKRI (Negara Kesatuan Repulik Indonesia), membela Pancasila, Pagar Nusa sudah menyiapkan diri,” jelasnya.

 

Kendati demikian, lanjut H Rozi, pesilat Pagar Nusa harus menjunjung tinggi akhlaq. Tidak boleh melakukan kekerasan, apapun alasannya. Keterampilan bela diri hanya untuk membentengi diri, dan membela kebenaran.

 

“Inilah bedanya Pagar Nusa dengan organisasi persilatan lainnya,” ungkapnya.

 

Selain dihadiri oleh 400-an pesilat Pagar Nusa, acara tersebut juga dihadiri oleh Ki Ageng Purwonotonegoro, seorang tokoh pesilat Pagar Nusa dan ahli ilmu Kanuragan asal Bojonegoro (Aryudi A Razaq).

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan