Tekan Angka Kemiskinan di Pantai Selatan, Bupati Jember Akan Kelola Lahan Pesisir

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto mengaku punya tanggungjawab untuk mengentas kemiskinan di Jember. Sebab salah satu yang mendorongnya untuk menjadi bupati adalah karena angka kemiskinan di Jember cukup tinggi.

 

Karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk mengejawantahkan keinginan tersebut. Salah satunya adalah memaksimalkan pemanfaatan lahan di pesisir pantai selatan.

 

Terkait dengan itu, Senin (23/8/3021), Bupati Jember didampingi wakilnya, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengunjungi pesisir pantai selatan untuk melakukan sertifikasi di tiga lokasi. Yaitu dua lokasi berada di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger seluas 8 Hektare dan 5,6 Hektare,  dan satu lagi berada di pesisir Desa Mayangan Kecamatan Gumukmas seluas 9,8 Hektare.

 

Menurut Bupati Hendy, 100 meter lahan dari bibir pantai adalah milik negera. Karena itu, kedepan lahan tersebut akan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Jember untuk menggerakkan roda ekonomi warga sekitar sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

 

“Saat ini (kami) akan melakukan sertifikasi, tanah tersebut akan dikuasai Pemkab Jember,” ujarnya di sela-sela kunjungan.

 

Ia berharap agar pengelolaan lahan pesisir pantai selatan itu dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat sekitar. Apalagi sejauh ini, angka kemiskinan di Jember, 30 persen di antaranya berada di daerah pantai selatan.

 

“Ini (pengeloaan lahan) untuk kemashlahatan masyakat pesisir pantai, sehingga orang miskinnya berkurang,” jelasnya.

 

Selain Bupati dan Wakil Bupati Jember, turut serta dalam rombongan tersebut, antara lain Plt. Kepala BPKAD Kabupaten Jember, Kepala Badan Pertahanan Negara (BPN), Kepala OPD Terkait, dan Tim Inventarisasi Tanah Pesisir Pantai Kabupaten Jember (AAR).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan